CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (PT KAI)



CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
PT KAI Bagi Indonesia
A. DASAR HUKUM PELAKSANAAN CSR PT. KAI INDONESIA (PERSERO) 
PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang senantiasa berkomitmen untuk mewujudkan kepedulian sosial kepada masyarakat. Simbiosis mutualisme ini terus digalakkan mengingat hubungan perusahaan dan masyarakat tidak dapat dipisahkan. Lewat Corporate Social Responsibility, PT KAI secara concern dan konsisten melakukan berbagai program, baik Community Relations maupun Kemitraan dan Bina Lingkungan.
B. CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) / TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN (TJSL)
DEFINISI CSR
Program Community Relations (CR) merupakan bagian CSR KAI yang bertugas mengelola hubungan internal dan eksternal yang fokus pada pembinaan komunitas. Sedangkan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) merupakan wujud kontribusi perusahaan dalam pembangunan ekonomi bangsa. PT KAI menyadari bahwa di tengah gencarnya upaya untuk terus meningkatkan kinerja, masyarakat di sekitar wilayah usaha pun diharapkan dapat merasakan manfaat dari kemajuan perusahaan.
1. Program Kemitraan dan Bina Lingkungan
Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) merupakan wujud turut serta perusahaan dalam pembangunan ekonomi bangsa. Selain menyalurkan dana kemitraan, KAI juga melakukan pembinaan, pelatihan dan sharing antarmitra binaan dalam hal produksi dan pemasaran produk.
Mitra binaan PT KAI mencakup seluruh sektor ekonomi (industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, jasa, dan lainnya). Semakin banyak mitra binaan yang dibantu oleh PT KAI, semakin banyak pula masyarakat yang taraf hidupnya meningkat.


2. Peduli Korban Erupsi Gunung Sinabung
Sebagai bentuk kepedulian sosial perusahaan kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, PT KAI menyalurkan bantuan kepada korban erupsi Gunung Sinabung.
PT KAI secara langsung menyambangi korban bencana erupsi Gunung Sinabung dan menyerahkan bantuan sosial secara langsung berupa sembako, susu murni, susu bayi, pakaian (untuk bayi, remaja, & dewasa), perlengkapan bayi, perlengkapan mandi dan karpet.
3. Pasar Murah BUMN 2015
Dalam rangka menyambut Hari Raya Idulfitri 1436H/2015 lalu serta berdasarkan instruksi Menteri BUMN, PT KAI menggelar program Pasar Murah BUMN 2015. Program tersebut serentak dilakukan di 4 titik, yakni Stasiun Plered, Stasiun Cimahi, Stasiun Cicalengka, dan Stasiun Cipeundeuy.
Sejumlah 1.500 paket sembako masing-masing berisi beras, gula, minyak goreng, biskuit, dan sirup senilai Rp 150.000 cukup dibayar masyarakat dengan uang Rp 50.000.
4. Peduli Warga Sekitar Stasiun
PT KAI juga memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan terutama mereka yang tinggal di sekitar stasiun dan jalan rel, termasuk warga yang dulu berjualan di sekitar stasiun yang telah ditertibkan.
Seperti warga yang ada di Desa Belatung, Baturaja Sumatera Selatan dan bantuan kepada pengurus Musala Baitul Maghfiroh di Muara Enim, Sumatera Selatan.
Program ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan di bulan Ramadan dan sebagai media untuk mempererat hubungan antara perseroan dan masyarakat agar lebih harmonis dan saling menguntungkan.
5. Bedah Rumah Veteran
Dalam rangka memperingati HUT ke-70 RI tahun ini, PT KAI bersama BUMN lainnya melakukan bedah rumah veteran sebanyak 40 unit per provinsi. Selain itu, juga memberikan bantuan penambahan fasilitas laboratorium di 17 SMK di tiap provinsi, penjualan sembako murah, menyelenggarakan jalan sehat, dan berbagai kegiatan bermanfaat bagi masyarakat lainnya.
6. Locomotive Marching Band
Guna meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani pekerja, serta pembinaan atlet berprestasi, PT KAI juga melakukan pembinaan komunitas internal perusahaan seperti pembinaan olahraga & kesenian. Di bidang kesenian, PT KAI memiliki Lokomotive Marching Band yang selalu hadir di event-event besar baik skala regional maupun nasional.
Berbagai upaya CSR yang dilakukan PT KAI demi memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, khususnya yang berada di sekitar wilayah kerja PT KAI. Perusahaan BUMN di bidang moda transportasi ini pun berharap dukungan positif dari masyarakat akan dapat meningkatkan layanan perkeretaapian dan berbagai aspek bisnis usaha PT KAI lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KOMUNIKASI LISAN DAN NEGOSIASI SERTA KOMUNIKASI DALAM TULISAN

Definisi Etika, Klasifikasi Etika, Prinsip Etika Dalam Bisnis, Model Etika Dalam Bisnis

BUDAYA PERUSAHAAN (CORPORATE CULTURE)