Definisi Etika, Klasifikasi Etika, Prinsip Etika Dalam Bisnis, Model Etika Dalam Bisnis

Definisi Etika
Etika Berasal dari kata Etimologi dalam bahasa Yunani yaitu “Ethos” yang artinya watak kebiasaan atau adat istiadat.Etika biasanya berkaitan erat dengan Perkataan moral yang merupakan istilah dari bahasa latin, yaitu “Mos” berarti juga adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik. Etika dan moral lebih kurang sama pengertiannya, tetapi dalam kegiatan sehari-hari terdapat perbedaan, yaitu moral atau moralitas untuk penilaian perbuatan yang dilakukan, sedangkan etika adalah untuk pengkajian sistem nilai-nilai yang berlaku.

Klasifikasi Etika 
Terdapat 5 klarifikasi menurut buku yanh berjudul “Hukum dan Etika Bisnis” karangan Dr. H. Budi Untung, S.H., M.M, etika dapat diklasifikasikan menjadi :
1. Etika Deskriptif
Etika deskriptif yaitu etika di mana objek yang dinilai adalah sikap dan perilaku manusia dalam mengejar tujuan hidupnya sebagaimana adanya. Nilai dan pola perilaku manusia sebagaimana adanya ini tercemin pada situasi dan kondisi yang telah membudaya di masyarakat secara turun-temurun.
2. Etika Normatif
Etika normatif yaitu sikap dan perilaku manusia atau massyarakat sesuai dengan norma dan moralitas yang ideal. Etika ini secara umum dinilai memenuhi tuntutan dan perkembangan dinamika serta kondisi masyarakat. Adanya tuntutan yang menjadi avuan bagi masyarakat umum atau semua pihak dalam menjalankan kehidupannya.
3. Etika Deontologi
Etika deontologi yaitu etika yang dilaksanakan dengan dorongan oleh kewajiban untuk berbuat baik terhadap orang atau pihak lain dari pelaku kehidupan. Bukan hanya dilihat dari akibat dan tujuan yang ditimbulakan oleh sesuatu kegiatan atau aktivitas, tetapi dari sesuatu aktivitas yang dilaksanakan karena ingin berbuat kebaikan terhadap masyarakat atau pihak lain.
4. Etika Teleologi
Etika Teleologi adalah etika yang diukur dari apa tujuan yang dicapai oleh para pelaku kegiatan. Aktivitas akan dinilai baik jika bertujuan baik. Artinya sesuatu yang dicapai adalah sesuatu yang baik dan mempunyai akibat yang baik. Baik ditinjau dari kepentingan pihak yang terkait, maupun dilihat dari kepentingan semua pihak. Dalam etika ini dikelompollan menjadi dua macam yaitu : 
   · Egoisme
Egoisme yaitu etika yang baik menurut pelaku saja, sedangkan bagi yang lain mungkin tidak baik. 
   · Utilitarianisme
Utilitarianisme adalah etika yang baik bagi semua pihak, artinya semua pihak baik yang terkait langsung maupun tidak langsung akan menerima pengaruh yang baik.
5. Etika Relatifisme
Etika relatifisme adalah etika yang dipergunakan di mana mengandung perbedaan kepentingan antara kelompok pasrial dan kelompok universal atau global. Etika ini hanya berlaku bagi kelompok passrial, misalnya etika yang sesuai dengan adat istiadat lokal, regional dan konvensi, sifat dan lain-lain. Dengan demikian tidak berlaku bagi semua pihak atau masyarakat yang bersifat global.

Prinsip Etika Dalam Bisnis
Terdapat 4 prinsip etika dalam bisnis yaitu 
1. Prinsip Otonomi Prinsip otonomi adalah sikap dan kemampuan manusia untuk mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadarannya tentang apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan. Atau mengandung arti bahwa perusahaan secara bebas memiliki wewenang sesuai dengan bidang yang dilakukan dan pelaksanaannya dengan visi dan misi yang dimilikinya. 
2. Prinsip Kejujuran 
Kejujuran merupakan nilai yang paling mendasar dalam mendukung keberhasilan perusahaan. Kejujuran harus diarahkan pada semua pihak, baik internal maupun eksternal perusahaan. Jika prinsip kejujuran ini dapat dipegang teguh oleh perusahaan, maka akan dapat meningkatkan kepercayaan dari lingkungan perusahaan tersebut.
3. Prinsip Keadilan 
Dalam penerapan prinsip ini, maka semua pihak yang ada atau terkait dengan bisnis Anda harus memberikan kontribusi baik secara langsung ataupun tidak langsung terhadap keberhasilan suatu bisnis. Maka dari itu semua pihak terkait harus mempunyai akses yang positif terhadap kewajiban yang telah diterima dari perusahaan agar tercapainya keberhasilan.
4. Prinsip Hormat Pada Diri Sendiri 
Masyarakat atau konsumen merupakan cerminan dari bisnis kita. Apabila kita memberikan kontribusi yang positif maka dampaknya terhadap bisnis kita pun akan positif. Maka dari itu, berikanlah hormat terhadap diri sendiri dengan melakukan segala sesuatu dengan hal-hal yang positif.

Model Etika Dalam Bisnis
Model Etika dalam Bisnis, menurut Carrol dan Buchollz (2005) dalam Rudito (2007 : 49), dilihat dari cara para pelaku bisnis dalam menerapkan etika dalam bisnisnya, di bagi menjadi tiga tingkatan :
1. Immoral Manajemen
Immoral Manajemen adalah tingkatan terendari dari pada model manajemen dalam menerapkan prinsip etika bisnis. Seorang manajer (pemimpin) yang memiliki jiwa pemimpin atau immoral ini tidak peduli dengan moralitas didalam dunia bisnis. Seorang pebisnis pada tipe ini ada kelemahan dan kelengahan yang di miliki seorang pebisnis atau kempok pebisnis untuk kepentingan sendiri (pribadi).
2. Amoral Manajemen
Amoral Manajemen merupakan tingkatan kedua dalam aplikasi etika dan moralitas dalam manajemen. Berbeda dengan immoral manajemen, manajer dengan tipe ini sebenarnya bukan tidak tahu sama sekali etika atau moralitas. Ada dua jenis amoral manajemen tipe ini, yaitu :
manajer yang tidak sengaja
tipe ini adalah para manajer yang di anggap kurang peka (cepat), bahwa dalam segala keputusan bisnis yang di perbuat sebenarnya langsung atau tidak langsung akan memberikan efek pada pihak lain. Oleh karena itu, mereka akan menjalankan bisnisnya tanpa memikirkan apakah aktivitas dalam bisnisnyatersebut akan menguntungkan atau merugikan orang lain.
manajer yang sengaja berbuat amoral
tipe ini sebenarnya memahami ada aturan dan etika yang harus di jalankan, namun terkadang secara sengaja melanggar etika tersebut berdasarkan pertimbangan – pertimbangan bisnis mereka, misalnya ingin melakukan efisiensi dan lain – lain. 
3. Moral Manajemen 
Moral Manajemen merupakan tingkatan tertinggi dari penerapan nilai – nilai etika atau moralitas dalam bisnis. Nilai – nilai etika dan moralitas di letakkan pada level standar tertinggi dari segala bentuk perilaku dan aktivitas bisnisnya. Manajer yang termasuk dalam tie ini, hanya menerima dan mematuhi aturan – aturan yang berlaku, namun juga terbiasa meletakan prinsip – prinsip etika dalam kepemimpinannya.

Referensi 
http://erniritonga123.blogspot.co.id/2010/01/definisi-etika.html
https://dwintapuspa.wordpress.com/2014/11/09/klasifikasi-etika/
http://dianavia.blogspot.co.id/2011/10/prinsip-prinsip-etika-bisnis.html
http://nenghanyra.blogspot.co.id/2016/10/etika-bisnis-softskill.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KOMUNIKASI LISAN DAN NEGOSIASI SERTA KOMUNIKASI DALAM TULISAN

DASAR KOMUNIKASI DAN KOMUNIKASI BISNIS